Takjub Kimia

Mengapa Cicak dapat merayap di Dinding ?

Mungkin anda pernah berpikir “Mengapacicak tidak jatuh dari dinding atau atap rumah, ya ?”. Ada yang mengira bahwa kaki cicak mengandung zat perekat sehingga dapat menahan tubuhnya agar tidak terjatuh di lantai. Akan tetapi pendapat ini diragukan kebenarannya, sebab pada bekas langkah kaki tidak ditemukan zat – zat seperti itu. Hal ini menjadi misteri di dunia ilmu pengetahuan.

Beberapa waktu yang lalu, rahasia alam ini berhasil diungkapkan oleh kelompok peneliti dari Universitas california Barkeley. Dari berbagai data yang terkumpul, mereka menyakini bahwa kekuatan perekat pada telapak kaki cicak ditimbulkan oleh ikatan Van der Waals.

Mereka menemukan adanya sekitar 500 ribu bulu halus yang kuat pada telapak kaki cicak. bulu halus pada telapak kaki cicak ini panjangnya bervariasi, antara 30 sampai 130 mikro meter. Tebalnya pun hanya sepersepuluh tebal rambut manusia. Yang lebih takjub lagi, ujung bulu halus ini masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang berbentuk mirip sendok teh.

Kekuatan perekat yang ditimbulkan oleh ikatan van der waals ini sangat menakjubkan. Satu bulu halus memiliki perekat sampai 10 atm. Mereka mengukurnya langsung dengan menggunakan alat bernama Atomic Force Microscope (AFM).

Menurut kelompok peneliti ini, penemuan itu bisa mengilhami pengembangan baru temtang lem kering. Bahkan bisa jadi, penemuan ini akan menjadi pintu pembuka bagi pengembangan robot yang bisa berjalan di tembok dinding atau atap rumah mirip cicak.

Sumber : http://www.beritaiptek.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: